Selasa, 23 September 2008

Himbauan dan Tips Mudik

Edaran dari Seksi Keamanan RT-017 mengenai himbauan dan tips mudik
Bagi bapak/ibu, rekan/saudara sekalian yang hendak melaksanakan ritual “MUDIK”, berikut beberapa tips dan himbauan, agar mudik terasa nyaman dan aman dan guna tercipatanya keamanan dan ketentraman di lingkungan RT. 017/07 tercinta ini;
[1] Upayakan berkoordinasi untuk mengaktifkan pelaksanaan keamanan lingkungan atau setidak-tidaknya menitipkan rumah yang akan ditinggal kepada tetangga atau RT atau petugas keamanan setempat.
[2] Pastikan pintu rumah dan jendela-jendela terkunci.
[3] Pastikan untuk mematikan lampu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti konsleting, dlsb.
[4] Untuk mencegah adanya kebakaran, jangan lupa untuk mematikan kompor, peralatan listrik, kompor gas (mencabut saluran gas) dan benda-benda lain yang bisa menimbulkan api.
[5] Memberikan nomor telepon genggam/telepon yang bisa dihubungi apabila terjadi hal-hal darurat kepada tetangga atau RT atau petugas keamanan setempat.
[6] Jangan sekali-kali memberitahukan orang lain kapan anda akan mudik, berapa lama kecuali kepada orang yang benar-benar dipercaya.
[7] Menghidupkan salah satu lampu ruangan juga bisa dilakukan untuk mengelabui orang bahwa penghuni rumah sedang tidak ada di tempat.
[8] Pastikan semua pintu terkunci rapat, jangan hanya mengandalkan teralis belaka karena bisa dibongkar. Anda bisa menambah pasak atau palang kayu maupun besi pada pintu dan jendela yang rawan dibongkar maling.
[9] Pastikan mesin air & kran sudah dimatikan.
Anda juga bisa menggantungkan kerincingan atau kaleng susu berisi batu pada gagang pintu sehingga akan berisik jika ada yang berniat membongkar pintu.
[10] Jangan sekali-kali menyimpan uang cash maupun perhiasan di rumah. Sebaiknya anda simpan di bank atau dititip di kotak penitipan bank atau pegadaian.
Bagi yang menggunakan kendaraan bermotor jangan lupa pula.
[1] Memeriksa fisik kendaraan seperti mesin, oli, rem dan lain-lain[2] Memeriksa surat-surat kendaraan bermotor[3] Bawa perlengkapan standard; tools kit, dongkrak, ban serep, kotak p3k, segi 3 pengaman (bukan CD), kunci roda, senter, syukur2 punya pompa electric [sambung dengan colokan listrik]. Ember dan beberapa biji air aqua 1 literan [untuk diminum dan siapa tahu radiator tiba-tiba ngadat, minta minum terus]
[4] Meskipun puasa, ada baiknya bawa makanan yang terjamin gizi dan kebersihannya, karena saat mudik banyak warung yang tidak sempat nyuci piring dengan baik [akibat kelarisan]. Warung yang terjamin kebersihannya tapi kurang bergizi adalah fast food fried chicken
[5] Pastikan HaPe dalam kondisi full charge. Bila membawa beberapa HaPe, cukup salah satu atau salah dua yang dihidupkan. Bila dianggap perlu beli kartu perdana beberapa biji [dari beberapa operator], sehingga selalu dapat sinyal dimanapun berada
[6] Usahakan membawa peta, jika sewaktu-waktu ada perubahan arus yang disebabkan antara lain bencana alam dsb[7] Mematuhi rambu-rambu yang ada[8] Istirahat bila ngantuk, jangan dipaksakan karena akan
membahayakan baik bagi diri sendiri ataupun orang lain.
[9] Berdoa
Seksi Keamanan
Bpk. Bambang AP
Mengetahui
Ketua RT
Bpk. Taufik Siregar
Kami mengucapkan :
'SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429 H, MOHON MAAF LAHIR BATIN, MINAL AIDZIN WALFAIDZIN.

1 komentar:

wahana007 mengatakan...

Maaf lahir bathin...

wahana007